Cara Menghemat Battery Android Tanpa Aplikasi (ampuh)

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Menghemat Battery Android Tanpa Aplikasi (ampuh)
Cara Menghemat Battery Android Tanpa Aplikasi (ampuh) - Cara berikut merupakan cara simple yang banyak manfaat, biasanya pada saat menggunakan android, battery android kita terkuras dengan cepat, hal ini disebabkan oleh dua hal, kalau nggak batterynya yang sudah mulai usang, ya settingan di android yang menuntut kinerja hp lebih keras, mengenai hal tersebut saya akan menjelaskan bagai mana menghemat tenaga battery android tanpa aplikasi, kenapa saya memilih tanpa aplikasi, karena kalau kita memilih aplikasi untuk menghemat battery menurut saya itu malah memberatkan si android, malah battery kita yang terserot habis untuk aplikasi terbsebut.

Langkah - Langkahnya :

1. Matikan HP

 Disaat tidak penting mematikan HP adalah salahsatu cara menghemat baterai, disaat mau tidur dan disaat di outdoor dengan cuaca hujan berpetir.

2. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Jaringan nirkabel ini jika aktif akan membutuhkan sangat banyak daya, matikan jika layanan data seluler tersedia.

3. Setting Layar dengan kecerahan rendah

Tidak perlu menggunakan brightness yang tinggi disaat Anda masih bisa membaca atau melihat layar dengan pencahayaan yang baik, dengan mengatur pencahayaan lebih rendah tentu baterai lebih hemat.

4. Non aktifkan Getar dan Nada tombol (Dial Tone / keynotes)


HP dengan menggunakan daya getar akan cepat menguras daya baterai, begitu juga nada tombol akan menguras daya baterai.

5. Non Aktifkan Flash Kamera

Jika kamera Android smartphone Ada memiliki cahaya flash, dan disaat Anda butuh daya untuk menelpon dan kegiatan lainnya di HP matikan atau non aktifkan flash kamera disaat menjepret, agar bisa menghemat.

6. Menutup Aplikasi baik di depan layar maupun dibelakang layar

Menutup aplikasi yang terlalu banyak terbuka akan menghabiskan daya baterai, jika Anda ingat tips menghemat baterai ini maka tutup aplikasi, salah satuny aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan cara menekan tombol "Home" lebih lama kemudian pilih Delete.

7. Stop Mencari jaringan.

Aktifitas melakukan pencarian jaringan akan sangat menguras baterai. Sistem Anda akan bekerja keras untuk mencari jaringan yang sbenarnya hilang-hilang timbul atau sinya tidak tersedia. Lebih baik berpindah tempat untuk mencari sinyal yang lebih baik dari pada memakasa sistem mencari jaringan yang berakibat menguras banyak baterai.

8. Letakkan HP Android di tempat yang sejuk

Jangan meletakkan HP Android Anda di tempat yang mengandung panas atau memberikan daya panas, seperti didekat komputer, diatas CPU komputer, didekat TV, didekat Rice Cooker, ssebaiknya hindari, semakin panas temperatur HP Anda maka semakin cepat baterai habis.

9. Jangan Biarkan HP Mati disaat habis baterai

Sebelum baterai habis dan HP mati sebaiknya carger HP Anda, karena cara ini mampu memperpanjang kondisi baterai Anda.

10. Matikan GPS

Hampir disetiap HP Android tersedia GPS, sebaiknya matikan saja jika tidak digunakan untuk GPS tracking misalnya.

11. Setting Mode Sleep

Disaat Anda tidak menggunaan HP Android biarkan layar HP Anda tidur dengan setting mode sleep disaat tidak digunakan maka layar otomatis mati. Dngan cara ini bisa menghemat baterai HP Android.

12. Update Aplikasi secara reguler

Kenapa perlu diupdate?  untuk memeprbaharui aplikasi yang lama dimana ada palikasi yang boros, dengan penyempurnaan versi terbaru aplikasi mungkin akan menurangi konsumsi baterai lebih banyak.

13. Matikan Pembaritahuan dan sinkronisasi

Notifikasi dan sinkronisasi akan mengkonsumsi baterai lebih banyak jika notifikasi terus menerus ada.

14. Sediakan Eksternal baterai

 Eksternal baterai adalah solusi untuk menghemat baterai jika penggunaan aplikasi

15. Matikan layanan data

Cara ini bisa juga dilakukan jika anda sedang menunggu telpon penting dari seseorang namun baterai Anda sangat menipis, lalu matikan layanan data, maka baterai Anda akan hemat sampai telpon Anda terima. Selama layanan data mati aktifitas melalui internet terhenti sejenak.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghemat battery android anda, bila anda belum puas anda bisa memakai aplikasi untuk menghemat battery, untuk mendapatkan aplikasi tersebut klik disini.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!