Pengertian Reptilia, Ciri - Ciri, Ordo, Dan Contohnya

Mokhamad Nur Rokim  

Pengertian Reptilia, Ciri - Ciri, Ordo, Dan Contohnya

Definisi Reptil

Reptil – Reptil adalah kelompok hewan melata yang tubuhnya tertutup oleh sisih, menggunakakan paru – paru sebagai alat pernafasan. Mengapa amfibi berkembang menjadi reptil ? Mungkin ada hubungannya dengan makanan dan tanah. Harus hidup dekat dengan air akan membatasi sumber daya yang tersedia untuk suatu spesies. Memiliki kemampuan untuk hidup dari air memungkinkan reptil untuk mencari makanan tambahan. Untuk lebih jelasnya mengenai reptil dan Contoh hewan reptil berikut ini pembahasannya.

Ciri - Ciri Hewan Reptil
  1. Kulit tidak memiliki kelenjar lendir.
  2. Kulit tebal dan bersisik dari zat tanduk.
  3. Berdarah dingin (poikiloterm)
  4. Alat gerak berupa dua pasang tungkai.
  5. Respirasi dengan paru-paru.
  6. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu dua serambi dan dua bilik, tetapi sekat antarbilik belum sempurna.
  7. Alat ekskresi berupa ginjal metanefron.
  8. Reproduksi secara seksual dengan fertilisasi internal.
  9. Reptilia memiliki kemampuan untuk ekskufikasi (pergantian kulit), mimikri (pergantian warna kulit), serta autotomi (pemutusan bagian tubuh).
  10. Bagian tulang belakang berkembang dengan baik yang dibagi menjadi servikal, thorakal, lumbar, sacral, dan ekor.
  11. Pada mata mengadung air mata untuk membuat mata selalu basah.
  12. Proses perkembangbiakan terjadi secara ovipar dan ovovivipar.
Pembagian Ordo Dalam Kelas Reptil
  1. Ordo Chelonia
    Hasil gambar untuk Chelonia
    Ciri ciri ordo chelonia adalah bagian dorsalnya dilindungi oleh karapaks, dan plastron. Bagian rahang tidak terdapat gigi tetapi ia dilapisi dengan zat tanduk, Bagian rusuk bersatu dengan perisai dorsal. habitatnya pada wilayah daratan, laur dan air tawat. Berkembangbiak dengan cara ovipar dengan cara meletakkan telurnya pada lubang yang dibuat oleh hewan betina.
    Contoh: Chelonia myotas (penyu), Chelydra serpentina (kura-kura air tawar).
  2. Ordo Squamata
    Hasil gambar untuk Squamata
    Ordo ini dibagi menjadi  dua, yaitu :
    (a) Subordo Lacertilia
    Ciri - ciri subordo Lacertilia adalah memiliki lidah yang bercabang, ada yang berkaki dan adapula yang tidak, tubuhnya memiliki panjang sekitar 30 cm
    Contoh : Hemidactylus turcicus (tokek), Lacerta sp (kadal), Chameleo chameleon (bunglon), Drao sp, Varanus komodoensis (komodo).
    (b) SubOrdo Ophidia / Serpentes
    Ciri - ciri dari Sub Ordo Ophidia adalah tubuhnya yang panjang dan tidak memiliki kaki, memiliki bisa dan taring, tidak memiliki kelopak mata dan hanya dilindungi oleh membran. Lidahnya bercabang dan panjang. memiliki organ Jacobson pada hidung untuk membaui mangsanya. Cara makan hewan ini dengan menelan bulat – bulat mangsanya.
    Contoh : Phyton reticulates (ular piton), Phyton molurus, Naja sp (kobra), Natrix sp (ular air),  Anaconda sp.
  3. Ordo Crocodilia
    Hasil gambar untuk crocodile
    Ciri - ciri Ordo Crocodilia adalah kulitnya yang tebal dan memiliki rusuk abdominal. bagian tubuh memajnag dan memiliki rahang serta gigi yang kuat. habitatnya pada air tawar maupun laut. Melakukan perkembangbiakan secara ovipar. kakinya berjumlah 4 buah dan jari – jarinya berkuku.
    Contoh: Crocodylus sp, Alligator sp.
Contoh Hewan Reptil

Contoh hewan reptil seperti : Crocodylus sp, Alligator sp, Phyton reticulates (ular piton), Phyton molurus, Naja sp (kobra), Natrix sp (ular air),  Anaconda sp, Hemidactylus turcicus (tokek), Lacerta sp (kadal), Chameleo chameleon (bunglon), Drao sp, Varanus komodoensis (komodo), Chelonia myotas (penyu), Chelydra serpentina (kura-kura air tawar).

Ringkasan

Reptil adalah hewan kelas ektotermik (berdarah dingin), vertebrata tetrapoda. Reptil memiliki beberapa adaptasi untuk hidup di lahan kering, seperti sisik dari keratin tangguh dan paru-paru yang efisien untuk menghirup udara. Reptil memiliki jantung tiga bilik dan otak relatif berkembang dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Reptil. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terus ikuti artikle lainyya ya sob.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!