Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak Dengan Tombol yang Lain

Mokhamad Nur Rokim  

Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak Dengan Tombol yang Lain
Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak Dengan Tombol yang Lain - Ternyata tombol keyboard yang rusak dapat kita akali fungsinya dengan menggantinya ke tombol lain yang jarang kita digunakan. Ini saya alami ketika tombol navigasi di keyboard saya mulai rusak, tombol navigasi tersebut mempunyai peran yang sangat amat penting di keyboard, karena jika tombol tersebut rusak, maka kita akan kesulitan mengoperasikan laptop kita.

Jika saya mengganti keyboard tersebut, tentunya saya akan mengeluarkan biaya yang agak mahal untuk membelinya, toh keyboard laptop saya ini tergolong sulit dicari dipasaran. Akhirnya saya mencoba memperbaikinya dengan membersihkan jalur keyboard tersebut, namun hasilnya nihil, tombol navigasi dari keyboard saya tetap rusak.

Akhirnya saya terbesit suatu ide untuk menggantikan fungsi tombol keyboard yang rusak tersebut dengan tombol keyboard lain yang jarang dipakai. Akhirnya saya menemukan cara untuk melakukan hal tersebut, disini saya akan memakai software Key Tweak untuk mengganti fungsil tombol keyboard saya yang rusak dengan tombol lain yang masih berfungsi. Berikut caranya...

Langkah #1
Silahkan Download dan Instal software Key Tweak (Download Key Tweak) di Laptop Anda.

Langkah #2
Setelah terisntal, buka softwarenya, dibawah ini merupakan gambaran tombol keyboard yang akan saya ganti.

Pertama - Silahkan anda klik tombol yang mau anda rubah fungsinya, maka dibawahnya akan ada keterangan fungsi tombol tersebut saat ini.
Kedua - Lalu sekarang kita ke Choose New Remaping, pilih fungsi yang ingin diterapkan pada tombol tersebut.
Ketiga - Klik Remap Key untuk menerapkan perubahan fungsi tombol tersebut.

Langkah #3
Lakukan semua perubahan fungsi yang anda inginkan, setelah selesai klik Apply yang ada di sebelah kanan bawah, maka akan ada notifikasi untuk me-restart laptop, klik yes, dan tunggu laptop anda selesai me-restart. Setelah selesai, coba anda klik tombol keyboard yang anda rubah fungsinya tadi, jika fungsinya telah berubah, jadi anda sudah berhasil untuk merubah fungsi tombol tersebut.


Mungkin diawal awal anda akan kebingungan dengan perubahan fungsi keyboard ini, namun lama kelamaan anda akan terbiasa. Jika dikemudian hari anda memutuskan untuk mengganti keyboard anda, jangan lupa untuk mengembalikan fungsi yang telah anda rubah tadi ke fungsi awalnya, anda hanya tinggal meng-klik Restore All Defaults dan restart laptop, maka semua fungsi tombol keyboard akan kembali seperti awal.

Sekian pembahasan saya mengenai Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak Dengan Tombol yang Lain, semoga tutorial ali ini dapat bermanfaat bagi anda semua, tunggu tutorial menarik dari saya selanjutnya, terima kasih :)
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!