Cara Menangani Wifi Konek Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Menangani Wifi Konek Tapi Tidak Bisa Akses Internet
Internet untuk jaman semodern ini sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, mulai dari cek email, download film, download game, mencari informasi, mendownload lagu dan lain sebagainya. Disaat modem kita sudah kehabisan kuota, dan mau tidak mau akses internet kita menjadi sangat lambat sekali, karena dari beberapa provider yang dengan ketentuannya jika kuota sudah habis maka kecepatan akan diturunkan. cukup sedih bukan ? disaat kita sedang membutuhkan akses internet.

Kadang kala kita pada saat membutuhkan hotspot kita akan menggunakan wifi card kita untuk mengakses internet, setelah terkonek masalah biasanya muncul, mungkin kita bertanya- tanya, sudah konek tapi kok tidak bisa buat internet ?, ini merupakan masalah yang biasanya dialami ketika kita pada saat menggunakan wifi. Sebenarnya masalah ini ditimbulkan kalau tidak IP nya ya masalah pada wifi card itu sendiri.

Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan cara menangani hal tersebut :

  1. Sobat bisa memastikan apakah ada tanda seru warna kuning pada taskbar di systray
    Dengan adanya tanda seru warna kuning pada ikon di taskbar systray berarti memang kita benar-benar tidak memiliki akses internet. (lihat gambar)
  2. Sobat bisa memastikan pada IP address di Laptop
    Sobat bisa mengecek pada bagian IP address di Network Connection. Sobat bisa masuk ke control panel kemudian pilih network and sharing connection. Setelah itu sobat bisa klik Change adapter setting kemudian klik kanan wireless connection dan pilih properties, kemudian klik dua kali pada Internet Protocol Version (TCP/IPv4). Kemudian Sobat bisa melihat sebuah window yang menampilkan IP address, sobat bisa memastikan yang terceklis yaitu obtain an IP address automatically dan obtain DNS Server address automatically. (lihat gambar)
    Hasil gambar untuk logo systray tidak bisa konek internet
    Kenapa harus menceklis dua pilihan diatas? karena wifi merupakan menggunakan IP address DHCP dan IP address sudah dibentuk dari wifi hotspot tersebut yang secara otomatis akan memberikan IP, secara random kepada siapapun yang terhubung dengannya.
  3. Sobat bisa mengecek WIFI card pada Laptop
    Hasil gambar untuk wifi card laptop
    Jika pada dua langkah diatas sudah sobat lakukan yaitu cara terakhir yaitu mengecek di WIFI card. Biasanya yang sering terjadi ada pada driver wifi, solusinya sobat bisa masuk ke menu device manager. Klik kanan pada mycomputer kemudian pilih properties dan pilih device manager. Kemudian perhatikan pada bagian network adapters. kemudian sobat bisa klik kanan dan uninstall. atau sobat bisa langsung menuju ke klik kanan properties pada bagian network adapters kemudian update driver wifi card nya. (lihat gambar)

Dengan mengikuti 3 langkah diatas setidaknya sobat dapat menganalisa kenapa wifi tidak bisa akses internet.  Semoga tutorial dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada anda semua.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!