Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog - Disclaimer sangat berperan penting bagi personalitas suatu website. Sebelum kita membuatnya, sobat harus paham kegunaan dan fungsinya bagi website.

Dafinisi Disclaimer

Disclaimer dalam bahasa inggris berarti penyangkalan / penolakan, Disclaimer juga dapat diartikan sebagai pernyataan resmi dari pemilik blog yang menjelaskan bahwa website / blog tersebut tidak dapat diganggu gugat.

Salah seorang pakar internet berkata :
"Pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer."(Graham J.H. Smith : Internet Law and Regulation)

Seperti yang dikatakan pakar tersebut, disclaimer juga menjadi perlindungan bagi pemilik blog, misalnya, ada sala seorang user meninggalkan komentar di postingan ini, maka tanggung jawab atas komentar tersebut bukan pada pemilik blog ini, melainkan sepenuhnya pada user itu sendiri. Jadi blog ini tidak bertanggung jawab atas opini atau singgungan pengunjung.

Fungsi Disclaimer

Disclaimer banyak dipasang di berbagai web, tujuannya adalah agar web sobat terlihat memiliki pengelola yang aktif dan professional.

Disclaimer juga bertujuan untuk melengkapi data personalitas dari blog sobat. Selain disclaimer ada juga data personalitas seperti Contact US dan Privacy Policy.

Ketiga element tersebut sangat penting untuk melengkapi data kepemilikan web. Karena data tersebut akan sangat berguna bagi pengenalan publik, misalnya untuk mengenalkan blog kitan ke situs periklanan seperti Google Adsense, dan situs periklanan komersil lainnya.

Hampir semua website atau situs blog yang mengikuti periklanan untuk memonetize blog mereka akan mencantumkan disclaimer, privacy policy, dan contact us ini. Kadang kala bagian ini terletak pada footer dari web tersebut.

Fungsi disclaimer tidak sama dengan Privacy Policy, Disclaimer berisi pernyataan tentang segala sesuatu yang dimuat di blog tersebut, yang semata mata hanyalah informasi yang diberikan kepada para pembaca, dan penulispun tidak mempunyai tanggung jawab untuk keakuratan informasi tersebut, hanya pembacalah yang dapat menilai itu akurat atau tidak.

Cara Memasang Disclaimer Untuk Blog

Sebenarnya memasang disclaimer pada blog tidak diwajibkan, namun bila sobat ingin serius untuk nge-blog, dan nantinya sobat juga akan mengikuti media periklanan untuk memonetize blog, Disclaimer sangatlah penting dibuat untuk blog sobat.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang dari Blog [Panduan Pemula Lengkap]

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog

Cara membuat Disclaimer sangatlah mudah, ada banyak cara untuk membuat disclaimer di blog, mulai dari cara yang manual hingga cara yang otomatis.

Kali ini saya akan menjelaskan cara yang otomatis, yaitu menggunakan alat generating Disclaimer yang berada di situs Privacy Policy Online, langsung saja ini dia penjelasannya...

Langkah - Langkah :
#1. Langkah pertama buka situs Privacy Policy Online.
#2. Pada bagian header di homepage, klik Disclaimer Generator.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#3. Setelah itu sobat akan diarahkan menuju halaman untuk meng generate disclaimer.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#4. Isikan data dari blog sobat di kotak yang tersedia.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#5. Saya menggunakan "Encrypt Email with HTML", sobat dapat memakai Encrypt atau No Encrypt. Setelah selesai mengisi data blog sobat, klik Generate Disclaimer.
#6. Setelah itu akan muncul teks HTML seperti dibawah ini.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#7. Setelahitu silahkan copy kode tersebut ke Entri di blogger sobat.
Caranya pada sidebar kiri blogger klik Pages / Halaman >> New Entri / New Page.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#8. Setelah berada di laman entri, silahkan sobat klik HTML, sobat sekarang berada di canvas mode HTML, Setelah itu pastekan kode yang telah anda copy dari link Privacy Policy tadi ke canvas HTML. Setelah itu beri judul Disclaimer, seperti gambar dibawah ini.
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
#9. Setelah itu klik publikasikan, dan selesai

Kini blog sobat sudah memiliki disclaimer. Tinggal sobat menaruh link di footer atau dibagian yang lain yang mengarah ke laman Disclaimer sobat. Demikianlah tutorial cara mudah membuat disclaimer untuk blog, tunggu postingan saya selanjutnya, semoga bermanfaat :)
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!