Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hotspot Untuk Men - Sharing Dan Connection

Mungkin sebagian dari kita bertanya – tanya, bagaimanasih cara setting wifi di laptop supaya dapat menjadi hotspot ? Atau bagaimanasih cara membuat wifi sendiri dari laptop supaya dapat diakses oleh orang lain? Oke, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat hotspot dengan laptop windows 7. Sebelum ke cara - cara atau langkah - langkahnya terlebih dahulu dapat diketahui. Bahwa membuat hotspot sendiri itu sangat membantu, sebab, bila sedang berkumpul dengan teman - teman tetapi hanya memiliki satu buah modem. Maka modem tersebut dapat diakses oleh banyak orang. Ya, yaitu dengan membuat jaringan hotspot dari laptop, apakah bisa ? bukannya harus menggunakan alat tersendiri supaya dapat membuat jaringan? Itu hanya pendapat orang - orang yang belum tau. Semoga artikel ini dapat tau bahwa membuat jaringan hotspot atau wifi itu sangatlah mudah.

Apa saja yang diperlukan untuk membuat hotspot area atau wifi dengan laptop ?
  • Laptop yang dimiliki harus ada wireless atau wifi.
  • Untuk tutorial ini, OS yang digunakan yaitu windows 7. Untuk windows XP, hampir sama caranya, tetapi bagi pengguna windows 8 agak sulit. Sebab harus melalui cmd.
  • Koneksi internet, untuk koneksi internet dapat melalui modem.

Sebelum mengetahui cara ini, biasanya kebanyakan orang menggunakan software untuk membuat hotspot. Kelemahan ketika memakai software yaitu berbayar (walaupun banyak yang memakai crack), membuat komputer menjadi berat terlebih lagi untuk netbook yang memiliki spesifikasi rendah, butuh pemahaman ekstra bagi yang tidak terlalu paham akan komputer serta bila dari windows sendiri bisa kenapa harus menggunakan software ? Betul tidak ?

Untuk kelebihan dari software yaitu dapat digunakan untuk berbagai macam sistem operasi. Sekarang apa kelebihan bila membuat jaringan wifi langsung melalui sistem operasi windows 7? Kelebihannya yaitu tidak memakan banyak memory serta prosesor, sehingga bagi pengguna netbook tidak perlu khawatir bila komputernya menjadi hank, tidak perlu mendownload software, tidak perlu menginstall software, mudah digunakan, tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

Bila kelebihannya sudah mengerti kelemahannya apa ? Untuk kelemahan yaitu tidak bisa men - sharing dari hotspot area. Jadi harus menggunakan modem. Bila ingin men – share dari hotspot are bisa click disini, untuk mempelajarinya.

Oke, untuk langkah membuat hotspot dari laptop sistem operasi windows 7 sebagai berikut :
  1. Nyalakan laptop, koneksikan internet.
  2. Kemudian klik tombol start dan pilih Control Panel. Maka akan tampil halaman seperti dibawah ini.
  3. Tetapi jika yang muncul halaman seperti dibawah ini maka ganti View by menjadi Category.
  4. Oke, selanjutnya yaitu klik Network and Internet dan selanjutnya akan dibawa masuk ke halaman seperti dibawah ini.
  5. Bila sudah muncul halaman seperti diatas, selanjutnya ketik ADHOC pada kolom searching di pojok kanan atas, sehingga akan muncul halaman seperti dibawah ini.

  6. Kemudian klik Set Up an ad hoc (computer to computer) network.
  7. Maka setelah itu akan muncul halaman berikut ini dan klik next.
  8. Setelah muncul seperti ini, Isi Network name (wajib diisi) terserah. pilih security terserah, bila tidak dipasword pilih no authentication.
  9. Bila sudah, klik next.
  10. Kemudian bila tampil halaman seperti ini, klik Turn On Internet Connection Sharing.  Tunggu proses lalu bila muncul halaman selanjutnya close.
  11. Nah membuat hotspot sendiri sudah selesai, seperti gambar dibawah ini.
Sangatlah mudah bukan cara untuk membuat wifi dari laptop ? Jadi sekarang mengakses internet bersama - sama dengan teman atau orang lain akan terasa mudah.

Jika ada wifi yang tidak bisa bekerja, caranya :

1.    masuk ke Open Network Sharing Center.

2.    Kemudian klik change advance sharing setting.

3.    Dan ubah semuanya menjadi turn on.

4.    Khusus pada password klik turn off, kemudian save.

Sebelum mengakhiri artikel ini, apakah sudah tahu semua bagaimana cara men - sharing data melalui wifi ? jadi misalkan satu kelas menyalakan laptop semua kemudian dari dosen memberikan materi berbentuk ebook, tidak perlu menggunakan flashdisk untuk mendapatkan materi tersebut, tinggal share ebook tersebut melalui wifi kemudian dari laptop lain tinggal copy.
Bagai mana cara, untuk caranya bisa klik disini.