(7) Manfaat Rahasia Buah Naga Yang Jarang Diketahui Orang

Mokhamad Nur Rokim  

(7) Manfaat Rahasia Buah Naga Yang Jarang Diketahui Orang

Buah naga atau sering disebut pitaya sebenarnya berasal dari benua Amerika. Buah satu ini banyak terdapat di daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Akan tetapi buah naga sekarang ini sudah menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk salah satunya di negara Indonesia.

Buah naga merupakan buah yang belakangan ini menjadi populer di lingkungan masyarakat di Indonesia. Buah ini mendapatkan kepopulerannya diakibatkan oleh manfaatnya yang beredar di kalangan masyarakat sangatlah banyak dan baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu buah naga juga memiliki penampilan yang menarik dan unik. Kulit buah naga yang berwarna merah muda itu dilengkapi juga dengan daun-daun yang terlihat seperti duri-duri pada buah durian.

Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga, gizi yang terdapat pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita Setidaknya dalam sebutir buah naga terdapat lebih dari 20 gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh

Jumlah/100 gram% AKG harianketerangan
Air87 gNASangat kaya akan air
Protein1.1 g2.1 %-
Lemak0.4 g-Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat11.0 g3.4 %-
Serat0.04 mg12 %Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine)0.04 g2.7 %-
Vitamin B2 (Riboflavin)0.05 mg2.9 %-
Vitamin B3 (Niacin)0.16 mg0.8 %-
Vitamin C (Ascorbic Acid)20.5 mgNASangat kaya akan air
Kalsium (Ca) 8.5 mg0.9 %Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Besi (Fe)0.16 mg0.8 %-


Mungkin anda juga sudah pernah browsing mengenai manfaat buah ini. Namun disini kita akan membahas rahasia dari manfaat yang belum diketahui banyak orang. Berikut manfaat rahasia buah naga yang dirangkum dari berbagai sumber :

  1. Mengandung Gula Asli Khas Buah
    Disamping kolesterol yang rendah, buah naga mempunyai gula asli khas buah yang sangat baik bagi gigi. Buah ini juga sangat cocok bagi orang yang menjalankan program diet. Karena gula dalam buah ini tidak membuat berat badan tubuh anda menjadi naik.
  2. Jantung Akan Lebih Sehat
    Memang kelostrol buah ini rendah, tapi buah ini juga mempunyai kolestrol baik yang cukup untuk menunjang kesehatan jantung. Karena buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik bagi kesehatan jantung.
  3. Membersihkan Pencernaan
    Anda pasti tahu kandungan serat buah naga. Buah naga termasuk kategori buah dengan serat tinggi. Hal ini sangat baik bagi pencernaan anda bila anda mengonsumsi buah tersebut. Apalagi ditambah dengan protein yang dikandung dalam bijih dari buah naga tersebut.

  4. Antioksidan Aktif
    Antioksidan merupakan zat yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker bagi manusia. Kandungan Antioksidan pada buah ini juga tergolong cukup tinggi bila dibandingkan dengan sayur - sayur yang juga mempunyai antioksidan cukup tinggi.
  5. Penangkal Penyakit Diabetes
    Serat yang begitu tinggi juga dapat menangkal terjadinya lonjakan glukosa setelah makan. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda penderita diabetes.
  6. Mengurangi Tanda Penuaan
    Antioksidan dalam buah ini mampu menangkal radiasi ke kulit anda, sehingga kulit akan lebih kencang dan akan menghambat penuaaan dini. Bahkan bila dicampur dengan susu, buah ini dapat menjadi lulur yang sangat bermanfaat di kulit. Hal itu banyak ditawarkan di salon spa natural dengan harga yang relatif mahal untuk sekali lulur.
  7. Melindungi Rambut Dari Efek Warna
    Dengan buah ini, rambut yang anda warnai akan terjaga kesehatannya. Kenapa ? karena jika rambut diwarna dengan pewarna yang mengandung kimia, rambut akan cepat rusak. Hal itu dapat ditangkal dengan buah ini, malah buah ini juga dapat membuat warna semakin kinclong dan awet.
Itulah tadi beberapa manfaat rahasia yang terkandung dalam buah naga. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang belum diketahui banyak orang, dan itu akan digali dan ditemukan seiring berjalannya waktu. Demikian tentang manfaat rahasia buah naga. Semoga dapat diambil hikmahnya dan bermanfaat.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!