Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis

Mokhamad Nur Rokim  

Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis
Dalam postingan ini kita akan membahas tentang Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis. Yang mana dalam postingan kali ini akan sangat membutuh pemahaman yang mendalam, karena susahnya berbicara dalam sebuah kata kata. Hehehe.. :D

Postingan kali merupakan postingan lanjutan dari postingan utama kita yaitu, Teknik SEO Ampuh Jadi Web No.1.

Tanpa basa - basi lagi, langsung saja kita mulai pembahasannya...

Definisi Search Engine Marketing (SEM)


Search Engine Marketing atau yang sering disingkan dengan SEM adalah salah satu teknik pengenalan atau pemasaran sebuah produk dengan cara modern melalui sebuah iklan yang merujuk pada website milik perusahaan, untuk menambah potensi datangnya para konsumen ke kita.

Berikut beberapa pengertian SEM menurut para ahli :
Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC). – Online Marketing Vocabulary, Learn with Google.
Search Engine Marketing adalah, sebuah bentuk dari yang apa namanya Pemasaran Internet  yang memberdayakan promosi situs baik dengan membayar keyword agar tingkat Visibilitas website / blog tersebut dapat bersaing dan tampil di hasil pencarian mesin telusur / SERPs (Search Engine Result Pages). Wikipedia.

Iklan SEM biasanya berbentuk banner, gambar, maupun video yang biasanya dipasang di jasa periklanan untuk diiklankan. SEM juga dapat berbentuk Optimasi Search Engine (SEO) untuk menambah ramai website marketing kita.

Bukan hanya melalui jasa periklanan saja iklan tersebut dapat dipasang. SEM juga dapat dipasang di berbagai Media Sosial seperti Facebook atau Twitter. Hal tersebut akan menambah efektifitas SEM.

2 Cara Menerapkan Teknik SEM


SEM dibagi menjadi dua versi menurut harganya.

Kok ada Harga ? Apakah SEM berbayar ?

Jadi, SEM itu ada yang berbayar ada yang gratis sobat. Tentu hal tersebut akan menimbulkan konskuensi berbeda satu sama lain. Berikut kedua versi SEM tersebut.

#1. Search Engine Marketing Berbayar

Versi SEM yang berbayar meliputi media periklanan seperi AdWords milik Google, ataupun jasa periklanan di Media Sosial seperti halnya Facebook Ads. Versi ini sering disebut Search Engine Advertising.

Google Adwords yaitu sistem yang di buat oleh Google untuk memberi service iklan pada beberapa pengiklan. Iklan itu dipertunjukkan di halaman hasil pencarian.

Sobat akan memerlukan biaya untuk mengontrak media periklanan tersebut untuk menjalankan SEM. Namun sobat akan mendapatkan hadiah plus. Situs web sobat akan diklaim sebagai web terpercaya.

Karena web sobat akan dinilai lebih sungguh - sungguh dalam pemasarannya. Karena tentunya calon pembeli akan berfikir bahwa dengan melakukan hal tersebut tentu akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Namun cara diatas dapat sobat kesampingkan, sobat boleh memakai carai gratis dahulu agar lebih menghemat pengeluaran sobat. Jika kita bisa menggunakan versi gratis, kenapa harus yang versi berbayar. Betul tidak ?
 
Namun cara gratispun sobat dituntut untuk menjalankan kiat - kiat tertentu dengan ikhlas dan sabar, agar metode SEM tersebut benar benar membuahkan hasil dan tidak sia - sia.

#2. Search Engine Marketing Gratis

SEM menurut versi yang gratis adalah meng-Optimalkan Search Engine (SEO) untuk memperoleh banyak visitor yang mampir ke website sobat.

Cara tersebut memang sangat populer pada saat ini. Hingga banyak muncul Jasa SEO untuk SEM dimana - mana. Sehingga jika sobat memakai jasa tersebut, tentunya sobat akan dikenai biaya jasa lagi.

Biaya Jasa SEO saat ini juga tidak main - main. Untuk per keyword yang sedikit trend, misal sepatu bola, sobat dapat dikanai harga SEO hingga 150rb. Cukup Murah bukan ?

Dari pada sobat mengandalkan Jasa SEO, sobat dapat mengikuti pelatihan gratis SEO untuk SEM yang dapat sobat ikuti di postingan web ini maupun di website lainnya. Namun hal tersebut akan banyak menyita waktu sobat untuk berfikir lebih keras lagi dalam mempelajari SEO di SEM.

Dari fakta didapatkan bahwa 93% dari pencari (pengguna) tertarik untuk mengunjungi dua halaman pertama dari index hasil pencarian. Dengan Teknik SEO sobat dapat menempatkan SEM di posisi eksklusif tersebut.
Sebesar 33% dari pengguna percaya bahwa web perusahaan / toko yang ditemukan di dua tempat tersebut, dianggap sebagai perusahaan / toko yang terpercaya. Hal tersebut akan memberi brand awareness atau merek kepercayaan kepada kepercayaan mereka.

Itu merupakan fakta yang diperoleh dari riset mengenai Search Engine Optimaton yang diterapkan untuk Search Engine Marketing.

Baca Juga : Pengertian SEO, Teknik, Manfaat, dan Cara Kerja Lengkap.

Contoh Penerapan Teknik SEM di Internet


#1. Penerapan Search Engine Marketing di Website

Bila kita searching di Google menggunakan kata kunci "Asuransi Mobil", kita akan menemukan contoh perusahan yang menggunakan SEM versi berbayar dengan Adword atau dengan versi gratis melalui teknik SEO.

Berikut contoh website yang menerapkan SEM versi berbayar menggunakan Google Adwords.
Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis
Halaman tersebut muncul berjajar di halaman atas sendiri dari index Google. Karena mereka membayar Google untuk mengiklankan website marketing mereka. Cirinya ada logo Ad di samping kiri.

Berikutnya adalah contoh website SEM dengan versi gratis yang menggunakan teknik SEO sebagai cara marketingnya.
Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis
Dua situs diatas merupakan pemenang SEO pada keyword "Asuransi Mobil". Halaman mereka dapat tampil diatas sendiri setelah iklan dari Google Adword.

Teknik SEM menggunakan SEO ini memang cukuplah sulit. Karena akan ada banyak pesaing yang terus membayangi website mereka. Maka dari itu, perkembangan score SEO website sobat harus terus meningkat, agar tidak terdahului oleh web lain.

Memang memenangkan SEO pada keyword tertentu sangatlah susah. Perlu analisis mendalam mengenai website pesaing, agar web kita dapat melampauinya. Namanya juga Gratis, kita akan dituntut untuk bekerja lebih keras akan hal itu.

#2. Penerapan Search Engine Marketing di Sosial Media

Selain di web, SEM juga dapat berlangsung di media sosial. Berikut contoh SEM berbayar yang berada di media sosial Facebook.
Yang saya lingkari merah merupakan iklan yang ditampilkan oleh Facebook setelah mereka melakukan kontrak iklan dengan Facebook.

Untuk versi gratisnya, sobat tinggal rajin melakukan postingan tentang apa saja yang ada di website sobat. Sobat juga dapat memanfaatkan Fans Page untuk mewadahi para pelanggan sobat.

Kesimpulan dan Penutup SEM


#Kesimpulan yang dapat kita petik dari penjelasan diatas adalah bahwa banyak teknik SEM yang dapat sobat ikuti. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Semua tergantung kehendak hati masing - masing.

Bila berbayar sobat harus mengeluarkan tidak sedikit uang, namun sobat akan lebih santai dalam menjalankan SEM ini. Sobat tinggal menunggu dengan santai, lalu visitor akan berbondong - bondong ke website sobat.

Versi gratispun juga tidak kalah dengan versi berbayar, bahkan sobat dapat memperoleh lebih bila melakukan dengan penuh antusias. Namun sobat juga harus dituntut lebih untuk menjadikan website sobat menjadi Full SEO. Hal ini akan membuat kepala sobat pusing dengan banyaknya kiat kiat yang harus dilakukan demi tercapainya SEO di website sobat.

Intinya bagaimanapun caranya, sobat akan mendapat timbal balik yang sepadan, bahkan lebih bila mengerjakan teknik marketing di Search Engine ini dengan benar.

Didukung dengan zaman sekarang yang sudah sangat canggih, era dimana ponsel menjadi prioritas utama, maka dari itu strategi pemasaran melalui search engine memang sangat cukup efektif dan kekinian.

Banyak perusahaan yang sukses dengan mengandalkan teknik marketing seperti ini. Namun jangan melihat suksesnya, lihatlah dahulu perjuangan untuk mencapai suksesnya.

#Penutup Demikian artikel saya mengenai Mempelajari Search Engine Marketing Untuk Bisnis, semoga dapat memberi manfaat kepada sobat semua.

Tunggu update artikel bermanfaat lainnya hanya di website ini. Atas perhatian sobat semuanya, saya haturkan sekian dan terima kasih.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!