Cara Install Windows Di Lenovo G40-30 Yang Sudah Tidak Ada System Operasinya

Unknown  

Cara Install Windows Di Lenovo G40-30 Yang Sudah Tidak Ada System Operasinya


Kali ini saya akan share pengalaman saya dalam menangani sebuah kasus yang sebenarnya dapat saya lakukan dengan mudah, yaitu install windows. Namun laptop yang saya install ini merupakan keluar yang masih baru, yaitu Lenovo G40-30. Laptop ini menggunakan system partisi GPT dan UEFI. Apa yang berbeda dari laptop tersebut ?, untuk dapat mengistall windows pada laptop tersebut saya membutuhkan 1 minggu untuk dapat menyelesaikannya. Kenapa bisa begitu ? Kita akan bahas disini.

Setelah saya muter - muter browsing mengenai bagaimana cara untuk mengistall windows pada laptop ini, akhirnya saya menemukan cara saya sendiri untuk dapat menginstall windows pada laptop ini. Berikut pertanyaan yang sering dilontarkan para teknisi untuk menangani kasus yang satu ini.

Bagaimana install windows di Lenovo G40-30 ?
Bagaimana cara install windows 10 di Lenovo G40-30 ?
Kenapa pada saat masuk instalsi windows keyboard dan touchpad malah tidak berfungsi ?
Apa yang harus saya lakukan ketika OS di harddisk telah saya hapus dan tidak bisa di install ?

Pertanyaan itu sering saya lontarkan di benak saya karena sudah kebingungan dengan laptop seri ini. Namun saya sudah menemukan jawabannya untuk mengatasi semua hal tersebut. Berikut penjelasannya. Langkah yang pernah saya lakukan namun gagal :

  • Menginstal windows 10/7 x64 dengan system UEFI GPT, namun keboard dan mouse tidak berfungsi.
  • Menginstal windows orinya, yaitu windows 8.1, dan tetap keyboard dan mouse tidak berfungsi.
  • Menyediakan Kali Linux Live untuk menginstal update BIOS, namun BIOS tidak dapat diinstal dari kali linux.
Banyak orang mengatakan itu harus update BIOS. Dan itu sudah pasti harus diupdate BIOS nya agar keyboard dan touchpad dapat bekerja saat instalasi. Namun untuk update saya kebingungan. Saya sebenarnya sudah punya filenya yang telah saya download dari laman resminya, namun installnya lewat mana, kan pada harddisk tidak ada OS nya, lalu saya membuat Linux Live malah platform tidak didukung. Berikut langkah yang saya pakai untuk menyelesaikan masalah ini :
  • Pertama, siapkan harddisk atau USB Windows live yang didalamnya juga sudah ada file BIOS nya yang telah di download dari laman resminya.
  • Lalu tancapkan pada laptop, dan atur pada first booting di BIOS ke harddisk atau USB tersebut, maka anda akan dibawa ke desktop seperti biasa
  • Setelah itu jalankan instalasi BIOS seperti biasa hingga proses selesai.
  • Setelah selesai, sediakan sebuah bootable yang berisi windows 10 / 7, atur first boot pada bios ke usb bootable tersebut.
  • Setelah itu anda akan dibawa ke instalasi, dan jreeeennggg :D :D, keyboard dan toucpad pun akan dapat gerak kembali
  • Lakukan instalasi seperti biasanya hingga selesai.
Itulah hasil kerja kami yang mungkin akan bermanfaat bagi anda semua yang membaca artikel ini. Tujuan sharing saya hanya meminimalisir kejadian seperti ini kepada anda. Bila ada yang ditanyakan dapat tanya dikolam komentar dibawah ini. Sekian terima kasih semoga bermanfaaat.
Unknown
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!