Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri
Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri Terpercaya

Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri Terpercaya - Sobat tentu sudah tidak asing lagi dengan kata iklan mandiri. Iklan mandiri adalah salah satu cara kita untuk mencari iklan guna memonetize (menguangkan) blog sobat.

Iklan mandiri sama layaknya dengan iklan iklan PPC lainnya. Sobat hanya perlu memasang banner dari pengiklan ke blog sobat, lalu sobat menerima bayaran dari iklan tersebut.

Tanpa basa basi lagi, langsung saja kita ke bagaimana caranya untuk mendapatkan dan memasang iklan mandiri tersebut...

  Persiapan Mendapatkan Pengiklan


Ini merupakan bagian yang terpenting. Ada banyak langkah yang harus sobat persiapkan sebelum menawarkan blog sobat ke pengiklan.

Karena pada dasarnya itu mendapatkan pengiklan lebih susah dari pada hanya memasang iklan pada blog sobat.

Sobat harus mempersiapkan blog sobat terlebih dahulu sebelum menawarkannya kepada pengiklan.

Apa saja yang harus dipersiapkan gan ?

1. Topik Blog Sobat

Blog sobat harus mempunyai topik yang dapat dikatakan relevan. Langkah yang satu ini akan sangat efektif bila sobat dapat menerapkan di blog sobat. Misalnya begini.

Sobat memiliki blog yang membahas tentang dunia wisata atau backpacker. Tentunya sobat akan sering posting artikel mengenai review tempat wisata bagi para traveller.

Sobat bisa menyisipkan tentang alat apa saja yang dapat sobat bawa saat berwisata. Misalnya tas gunung. Sobat bisa mencari pengiklan yang menjual tas gunung. Sobat dapat mengajak untuk bekerja sama dalam hal pengiklanan ini.

Itu hanyalan contoh, banyak metode yang lebih tepat untuk sobat. Dan sobatlah yang bisa menemukan metode yang tepat untuk blog sobat.

Nanti kita akan bahas dibawah ini dua metode pengiklanan mandiri yang paling banyak kita jumpai.

2. Memiliki Design Template Menarik

Template blog juga faktor penting yang sobat harus perhatikan. Template blog yang asal asalan sulit untuk diterima di kalangan pengiklan. Hanya template blog yang terlihat professional yang akan lebih menyakinkan hati para pengiklan.

Berikut persyaratan yang harus ada dalam template blog sobat :
  • Responsive
  • Minimalis
  • Terlihat Elegant
  • Page Speed Tinggi
  • Professional
  • Menyediakan Tempat Iklan
Banyak situs yang menyediakan berbagai template gratis yang memenuhi persyaratan tersebut. Dan hal itu dapat sobat manfaatkan.

Dan satu lagi yang tak kalah penting adalah template sobat haruslah SEO, karena hal ini akan menyangkut visitor blog sobat.

Jika kualitas SEO blog sobat bagus, maka visitor blog sobat akan meningkat. Karena visitor blog ini juga termasuk faktor penting agar pengiklan dapat menerima blog sobat.

Baca Juga : Modifikasi Template Agar Lebih SEO Friendly. Cooming Soon!

3. Memiliki Trafik

Trafik dalam blog sobat biasanya menjadi acuan utama untuk mengikat hati para pengiklan. Semakin tinggi trafik blog sobat akan semakin terpikat para pengiklan tersebut.

Namum memiliki trafik tinggi saja merupakan hal yang sangat mudah. Namun yang dimaksud trafik disini adalah page view dan visitor unik.
Lalu berapa minimum page view yang masuk kreteria...?
Disini saya pribadi tidak ada acuan khusus untuk page view sebuah blog. Namun saya sarankan sobat minimal memiliki 1000 page view setiap harinya. Baru sobat boleh tawarkan blog sobat ke pengiklan.
Lalu apa itu Visitor Unik...?
Visitor Unik (Unique Visitor) adalahJumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor merupakan indikator penting keberhasilan sebuah website.
Berapa minimum Visitor Unik yang masuk kriteria...?
Disini saya pribadi tidak ada acuan khusus untuk Visitor Unik sebuah blog. Saran saya untuk minimumnya adalah 100 Visitor Unik/hari.

Karena bila blog sobat memiliki page view dan Visitor Unik dibawahnya dan ngeyel untuk menawarkan ke pengiklan, kemungkinan besar blog sobat akan ditolak oleh pengiklan. Namun apa salahnya mencoba, iya kan.

Untuk tips menaikkan page view dan visitor unik sobat, sobat bisa juga baca Teknik SEO Ampuh Jadi WEB No.1.

3. Melengkapi Identitas Blog

Yang saya maksud identitas disini adalah laman yang menyangkut tentang laman Privacy Policy, Disclaimer, About, Serta Contact yang berada pada blog sobat.

Laman tersebut sangatlah fital bagi dunia periklanan, karena dengan hal tersebut, membuat blog kita terlihat professional dan tidak main - main.
  • Privacy Policy
    Adalah halaman yang memaparkan tentang bagaimana pengelolaan informasi di situs web tersebut. Isi Privacy Policy antara lain : Kontak blog, Advertiser iklan blog, dan pengelolaan informasi yang didapat dari pengunjung blog.
  • Disclaimer
    Adalah halaman yang menjelaskan peraturan - peraturan untuk pengunjung terhadap informasi di dalam blog tersebut.
  • About
    Adalah halaman yang memuat tentang seluk beluk blog sobat.
  • Contact
    Form yang dipersiapkan bagi user untuk menghubungi admin blog.
Ke-empat laman tersebut sangatlah fital bagi dunia periklanan. Keempat hal tersebut juga menjadi persyaratan fital diterima / tidaknya blog sobat di jejaring iklan Google Adsense.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog
Baca Juga : Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog. Cooming Soon!
Baca Juga : Cara Membuat Contact Form Untuk Blog. Cooming Soon!

  Cara Mendapatkan Pengiklan


1. Perjelas Dengan Banner

Sobat dapat menempatkan banner di blog sobat yang intinya sobat menerima iklan untuk dipasang di banner blog sobat tersebut.
Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri
Contoh banner di bagian header
Gambar banner tersebut dapat sobat pasang di header sobat sebelum nantinya diganti oleh banner iklan. Cara ini sangat efektif untuk memikat hati para pengiklan.

2. Membuat Halaman Pasang Iklan

Langkah kedua setelah membuat banner adalah membuat laman statis. Bila user mengklik banner tersebut, user akan mengarah pada laman statis ini.

Laman tersebut berisi tentang bagaimana tata cara / kontrak mengenai pemasangan iklan di blog sobat.

Ada beberapa hal yang perlu sobat tambahkan ke laman statis sobat. Agar para pengiklan semakin percaya bahwa sobat memang serius untuk mencari iklan.
  • Statis Blog
    Kalkulasikan mengenai seluruh data traffik statistik sobat, mulai dari total pengunjung, page view, visitor uniq, yang sobat dapatkan rata - rata per hari / minggu / bulan. Data tersebut dapat sobat ambil dengan akurat dan dapat di pertanggung jawabkan di Google Analytics.
  • Pilihan Spot Area
    Informasikan secara mendetail bahwa sobat mempunyai beberapa spot yang dapat dipasangi iklan. Sobat bisa menentukan ukuran spot dan tarif untuk setiap spotnya.
    Misal = Untuk banner 728 x 90 di header di tarif Rp. 50.000,- / Bulan.
    Tips = Daripada sobat kebingungan untuk menentukan tarif, sobat bisa blogwalking di blog lain dengan perkiraan trafik yang sama dengan blog sobat untuk menjadi acuan tarif iklannya.
  • Media Pembayaran
    Berikan beberapa pilihan mengenai pembayaran ini. Tujuannya untuk mempermudah para pengiklan untuk menyalurkan uangnya. Pilihan pembayaran yang paling banyak dipakai adalah Paypal, Rekening Bank atau yang paling mudah dengan Pulsa.
  • Informasi Kontak
    Sangat penting untuk mencantumkan kontak sobat. Karena apapun yang terjadi, via kontaklah sobat dapat dihubungi. Sobat dapat mencantumkan No. HP, Alamat E-Mail, ataupun Kontak Form.

3. Hubungi Pemasang Iklan / Advertiser

Setelah kedua cara diatas sudah sobat lakukan. Agar mempercepat ada pengiklan yang mau bekerja sama dengan sobat, sobat bisa hunting para pemasang iklan.

Sobat bisa mencari pengiklan di google melalui kata kunci "Situs Pasang Iklan Baris Gratis". Namun sobat haruslah selektif untuk mencari pengiklan. Karena sebagian besar iklan yang ditawarkan mengandung unsur iming - iming belaka.

Namun cara diatas tidaklah saya sarankan bagi sobat semua, karena hal tersebut akan menyia nyiakan blog sobat. Lebih baik sobat langsung meng-kontak para pengiklan yang benar - benar professional dan dapat di ajak bekerja sama.

Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Namun mendapatkan pengiklan seperti itu sangatlah sulit, dan sobat haruslah bersabar dan tetap bersemangat.


  2 Cara Memasang Iklan Mandiri


Ada dua cara yang dapat sobat lakukan untuk memasang iklan mandiri ini, yaitu iklan banner dan iklan paid review. Namun saya tidak membatasi bagi sobat yang mau lebih kreatif untuk cara pengikalanannya.

Berikut akan saya jabarkan mengenai dua cara tersebut...

1. Iklan Banner

Cara ini paling banyak digunakan dalam hal periklanan. Karena dengan banner, iklan tersebut akan sangat jelas dipandang oleh visitor.

banyak tempat yang bisa sobat jadikan sebagai tempat banner. Mulai dari header, sidebar, hingga dalam postingan pun dapat sobat kasih banner iklan.
Contoh tempat pemasangan banner iklan
Contoh tempat pemasangan banner iklan
Ada ukuran banner yang menjadi standart dalam periklanan yang sudah teruji responsive dan optimal. Saya ambilkan contoh dari Google Adsense sebagai berikut :

Banner Horizontal :
  • 970 x 250
  • 970 x 90
  • 728 x 90
Banner Vertikal :
  • 300 x 1050
  • 300 x 600
  • 160 x 600
  • 120 x 600
Banner Persegi :
  • 300 x 250
Banner tersebut dapat sobat gunakan sebagai pacuan untuk pemasangan iklan dalam blog sobat. Karena ukuran tersebut sudah teruji oleh Google.

Setelah sobat mengetahui ukuran banner tersebut, sobat tinggal membuat bidang untuk meletakkan banner tersebut. Hal itu akan dibahas di sini Cara Memasang Banner Iklan Mandiri. Cooming Soon!

2. Iklan Paid Review

Paid review merupakan metode untuk memonetisi blog, dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang atau pengiklan melalui postingan di blog kita.

Iklan jenis ini sulit untuk kita temukan, karena metode ini membutuhkan keahlian dalam mengolah kata. Agar si pengiklan tertarik hatinya untuk menggunakan metode ini.

Namun iklan jenis memiliki keuntungan bagi pengunjung blog, dibanding dengan iklan banner.

Dengan iklan seperti ini, para pengunjung blog tidak terganggu konsentrasinya dalam membaca postingan dengan iklan jenis banner.

Selain itu, iklan jenis ini juga tidak memberatkan blog sobat, karena iklan ini berupa postingan tentang review barang/jasa. Bukan berupa gambar atau banner yang dapat membebani blog sobat.

Salah satu blogger Indonesia yang sukses menggunakan metode monetisasi ini adalah Bpk. Priangga sebagai pemilik blog www.priangga.web.id.

  Kelebihan dan Kekurangan


Ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang wajib sobat ketahui. Agar proses sobat mencari hingga memasang iklan mandiri ini tidak sia - sia.

1. Kelebihan Iklan Mandiri

Ada beberapa kelebihan iklan mandiri dibanding dengan iklan jenis Google Adsense.
  • Uang Mengalir Setiap Bulannya.
    Dalam setiap bulannya, sobat akan mendapat upah atas pemasangan iklan sesuai dengan kesepakatan di awal. Baik saat trafik sedang tinggi maupun sedang rendah.
  • Tidak Takut Kena Banned.
    Iklan mandiri tidak mengenal adanya copyright dalam postingan. Bila kita memakai Google Adsense, dan ada postingan yang melanggar copyright, iklan akan di non-aktifkan. Berbeda hal-nya dengan iklan jenis mandiri.

2. Kekurangan Iklan Mandiri

Ada beberapa kekurangan mengenai iklan mandiri ini, dan hal ini wajib sobat pertimbangkan.
  • Jika Page View Tinggi Penghasilan Tetap Sama
    Ini hal sangat lazim terjadi pada iklan jenis mandiri. Hal tersebut dapat sobat antisipasi dengan membuat perjanjian diawal.
  • Memberatkan Loading Blog
    Bila sobat memiliki iklan mandiri jenis banner, tentu sobat memakai gambar atau gif sebagai gambar iklannya. Hal tersebut akan sangat memberatkan blog sobat untuk loading. Dan hal itu sangat mengancam skor SEO blog sobat.

  Penutup dan Kesimpulan


Pada dasarnya semua metode monetasi untuk blog mengandung resiko, kelebihan, dan kekurangan masing - masing. Tinggal bagaimana sobat menyikapinya.

Iklan mandiri ini bila dapat sobat maksimalkan, sobat dapat meraup keuntungan lebih besar dari pada Google Adsense. Namun hal itu sangat sulit dilakukan.

Butuh kesabaran dan pemahaman yang mendalam mengenai dunia periklanan.

Semoga informasi sedikit diatas dapat bermanfaat bagi sobat semua. Kurang lebihnya mohon maaf. Cukup sekian dan terima kasih.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!