Cara Menghasilkan Uang dari Blog [Panduan Pemula Lengkap]

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Menghasilkan Uang dari Blog [Panduan Pemula Lengkap]
Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog - hmm.. mungkin banyak dari sobat yang kesana kemari untuk sekedar mancari artikel bagaimana sih caranya menghasilkan uang dari blog ? Mungkin sobat bertanya - tanya

"apakah bisa ya saya memperoleh uang dari hasil ngeblog ?"

"kalau bisa, lantas caranya gimana ya gan ?"

"berapa ya kira - kira pendapat dari hasil ngeblog saya ?"

Nah, itu alasan mengapa saya membuat postingan ini. Pada postingan ini, semua pertanyaan sobat tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog akan saya ulas tuntas lengkap di postingan ini, tentunya menurut versi saya dengan banyak pertimbangan, hehehe 😀.


Postingan di bawah ini adalah hasil dari apa yang saya pelajari dari memperhatikan blogger - blogger sukses diluar sana, bagaimana cara mereka memperoleh uang dari blog. Meskipun saya sendiripun belum dapat menerapkan semua di blog saya, tapi tidak ada salahnya jika saya membagikan apa yang sudah saya pelajari dari mereka kepada sobat semua.

Langsung saja tanpa basa - basi, silahkan baca dari awal hingga akhir.

  2 Tipe blog dari segi konten


Konten blog sangat menentukan bagaimana langkah yang akan sobat ambil untuk memperoleh uang dari blog. Dua konten tersebut adalah :

  • Konten blog yang berisi artikel atau pembahasan ilmiah.
    Blog jenis ini biasanya berisi tentang tutorial, atau kajian ilmiah yang pada dasarnya lebih mengedepankan pembicaraan yang melibatkan user yang membaca.

    Contohnya adalah postingan ini yang menjelaskan kepada sobat bagaimana memperoleh uang dengan ngeblog.
     .
  • Konten blog yang berisi tentang link download software
    Blog jenis ini mempunyai pembahasan tentang segala jenis software, dan blog ini akan berlomba dengan blog lain dalam hal menyajikan link download software yang baik, sehingga akan menarik user untuk datang ke blog tersebut.

    Blog jenis ini tidak terlalu mementingkan penggunaan kata - kata yang rapih dan banyak seperti halnya blog artikel. Sobat dapat mengunjung site ini untuk melihat contoh konten blog tentang link download = http://sab-soft.blogspot.com/

Dua tipe blog diatas mempunyai kelemahan dan kelebihan masing - masing dalam cara me-monetize (menguangkan) nya. Karena nanti ada beberapa cara yang akan kita bahas untuk memonetize blog, sehingga sobat harus mengetahui termasuk tipe yang mana blog sobat.

  Cara menghasilkan uang dari blog


1. Menjadi Publisher Iklan

Menjadi publisher iklan merupakan pilihan utama sobat, mengapa demikian ?.

Karena sobat akan sangat mudah menemukan para pengiklan untuk sobat pasang iklannya di blog sobat. Dengan cara itu sobat akan mendapat upah dari iklan mereka yang tayang di blog sobat.

Ada 2 cara untuk menjadi publisher iklan :

1. Menjadi publisher iklan mandiri

Menjadi publisher iklan mandiri sama dengan halnya sobat memasang langsung iklan dari pengiklan di blog sobat. Hal ini sangat menguntungkan bagi sobat bila dapat melakukan hal ini.

Karena nantinya upah pemasangan iklan dapat sobat perbincangkan langsung dengan pengiklan dan pembayaranpun langsung dan tidak ada pembagian upah dengan pihak lainnya. Lantas bagaimana cara melalukannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara menjadi publisher iklan mandiri yang baik dan berkualitas akan dibahas disini : Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Mandiri.

*Blog artikel : Disarankan
*Blog download : Disarankan

2. Menjadi publisher iklan pihak ke-3

Iklan pihak ketiga merupakan iklan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di situs jaringan iklan. Sobat hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti sobat akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Ada banyak situs yang menyediakan periklanan ini, contoh yang paling populer adalah Google Adsense. Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Tak main - main bila sobat sudah bergabung dengan Adsense. Hanya dengan adsense saja, sobat sudah dapat hidup tenang tanpa bekerja. Namun hal seperti itu tidak mudah untuk didapatkan. Ada kiat - kiat yang harus sobat lakukan agar itu semua dapat terwujud.

Ada banyak sekali situs jaringan iklan di dunia yang dapat kamu ikuti untuk memonetize blog sobat. Hal itu akan dibahas disini :

Baca Juga : Cara Jitu Daftar Google Adsense Agar Mudah Diterima . Cooming Soon!
Baca Juga : Daftar Iklan Alternative Adsense Terbaik. Cooming Soon!

*Blog artikel : Disarankan
*Blog download : Disarankan

2. Memakai Shortener URL

Pengertian dari Wikipedia :
"Penyingkatan URL adalah suatu teknik pada WWW yang membuat suatu laman situs dapat diakses dengan menggunakan suatu URL yang sangat pendek selain alamat aslinya."

Contoh :
Link web : http://sab-id.blogspot.com/
Bila di shortener : http://idsly.bid/YvdG
URL link web diatas akan jadi lebih simple dan lebih pendek.
Lantas darimana saya mendapat uang dari shortener tersebut ?
Jika sobat mengunjungi link shortener diatas, sobat akan terlebih dahulu dialihkan ke web yang berisi iklan sebelum dialihkan ke website tujuan. Nah, dari situlah sobat mendapatkan penghasilan dari shortener tersebut.

Ada banyak penyedia URL Shortener diluar sana, namun sobat harus dapat membedakan. Ada url shortener yang fungsinya benar - benar untuk menyingkat url sobat, dan ada url shortener yang selain untuk menyingkat url juga untuk mendapatkan penghasilan.

Ada banyak URL Shortener yang dapat sobat manfaatkan untuk memonetize blog sobat. Hal ini akan dibahas disini : URL Shortener Terbaik dan Membayar 2018. Cooming Soon!

*Blog artikel : Tidak Disarankan
*Blog download : Disarankan

3. Mengikuti Program Afiliasi

Program Afiliasi

Itulah gambaran mengenai program Afiliasi ini. Program ini hampir selalu kita jumpai di toko - toko online. Sehingga tidak begitu sulit untuk menjumpai program afiliasi ini.

Karena prinsip dasarnya kita akan menjualkan produk orang, dan ketikan produk orang itu laku, sobat akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Contoh program afiliasi yang ada di indonesia dan terbesar yang saya ketahui adalah Lazada.com. Karena di sana sobat akan mendapatkan komisi hingga 10% per produk yang laku terjual.

Hal tersebut akan dibahas tuntas disini : Cara Mengikuti Program Afiliasi Untuk Monetize Blog. Cooming Soon!

*Blog artikel : Disarankan
*Blog download : Disarankan

  Menawarkan Jasa Atau Barang


1. Menawarkan Jasa

Menawarkan jasa juga merupakan langkah untuk monetize blog. Metode monetisasi ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai keahlian yang bisa disalurkan lewat Internet dan mudah dijangkau peminat.

Banyak jasa yang bisa sobat tawarkan melalui blog, misalnya :

Blog Artikel
  • Jika sobat jago nulis artikel : Sobat bisa menawarkan jasa nulis artikel buat blog.
  • Jika sobat jago design : Sobat bisa menawarkan design misalnya untuk kado pacar.
  • Jika sobat pandai SEO template : Sobat bisa menawarkan jasa SEO ke para blogger lainnya.
  • Jika sobat pandai membuat web : Sobat bisa menawarkan jasa pembuatan website misalnya untuk sekolah.
Blog Software
  • Jika sobat pandai dalam meng-crack software : Sobat bisa menawarkan jasa crack sebuah software.
  • Jika sobat sangat tau dalam fungsi semua software didunia ini : Sobat bisa menjadi konsultan dan melayani permintaan software untuk keperluan khusus.
  • Jika sobat sangat ahli dalam software tertentu : Sobat bisa menawarkan tutorialnya.

Contoh blog di Indonesia yang sangat sukses menawarkan jasa lewat blognya adalah dzofar.com.

Melalui keahliannya menggambar vector, sang pemiliknyapun mula - mula memberikan tutorial di dalam postingannya, lalu diakhir postingan beliau menawarkan jasa pembuatan vektor. Ide yang sangat briliant. Boleh sobat mencoba cara tersebut bila mempunyai keahlian tersebut.

2. Menawarkan Barang

Ini adalah langkah terbaik menurut saya. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Apalagi dibanding dengan metode Afiliasi. Perbandingannya di Afiliasi sobat hanya diberi komisi paling besar 10% dari penjualan.  Kalau sobat menjual produk sendiri, keuntungan full ada ditangan sobat.

Lantas apa saja yang bisa dijual lewat blog min ?

Banyak sekali barang yang bisa dijual lewat blog sobat. Mulai dari barang yang berwujud (fisik) dan barang tak berwujud (digital).

Contoh barang berwujud (fisik) :
  • Kaset / DVD / dsb.
  • Buku
  • Baju
  • Dll
Namun jika sobat ingin berjualan barang berwujud melalui blog. Tentunya topik blog sobat harus relevan dengan barang apa yang dijual. Misal, jika sobat berjualan buku, blog sobat harus membicarakan topik yang berhubungan dengan buku.

Contoh barang tak berwujud (digital) :
  • Musik
  • Video
  • Ebook
  • Software
  • Web
  • Template

Namun berjualan lewat blog bukanlah hal yang sangat mudah. Sobat harus mempunyai blog yang relevan dengan produk sobat, juga trafik pengunjung sobat harus tertaget dan tinggi agar ada yang mau membeli produk sobat.

  Penutup dan Kesimpulan


Akhirnya kita sudah di penghujung artikel, setelah sekian lama sobat berkonsentrasi membaca artikel diatas, kita sampailah di penutup dan kesimpulan.

Tak salah jika sobat sekarang mulai nge-blog, karena banyak cara agar sobat memperoleh penghasilan melalui blog ini.

Cara atau metode tersebut sudah saya sampaikan di atas dan itu semua sudah terbukti menghasilkan.

Diatas mengapa saya menyebut ada 2 tipe blog yaitu Blog Artikel dan Blog Software. Karena saya sendiri mempunyai blog kedua duanya.

Ini Blog Artikel Saya : http://sab-id.blogspot.com/
Ini Blog Software Saya : http://sab-soft.blogspot.com/

Karena pada dasarnya cara me-monetize (menguangkan) dua blog diatas berbeda satu sama lain. Sehingga kita harus tau mana metode yang tepat dan mana metode yang tidak tepat.

Jika sobat benar - benar berniat ingin memulai mengeblog untuk mendapatkan penghasilan. Hilangkan semua niat niat itu.

Jangan jadikan uang sebagai fokus utama sobat dalam memperoleh penghasilan. Soalnya saya yakin tidak butuh waktu lama sobat bakalan berhenti ngeblog.

Untuk diawal lebih baik sobat fokus dengan kualitas blog sobat, mulai dari konten berkualitas, trafik blog meningkat, bahkan hingga menjadi TOP SEO.

Jika sudah seperti itu, sobat mau memonetize blog bagaimanapun caranya akan membuahkan hasil yang maksimal, dan sobat akan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas blog sobat.

Semoga artikel sedikit diatas tentang Cara menghasilkan uang dari blog dapat bermanfaat bagi kita semua. Tunggu artikel bermanfaat lainnya tentang seputar blogger dari saya hanya disini, cukup sekian dan terima kasih.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!