Pengalaman Menggunakan Tp-Link TL-WN722N dan TL-WN7200ND

Mokhamad Nur Rokim  

Pengalaman Menggunakan Tp-Link TL-WN722N dan TL-WN7200ND

Pengalaman Menggunakan Tp-Link TL-WN722N dan TL-WN7200ND

Pengalaman Menggunakan Tp-Link TL-WN722N dan TL-WN7200ND - Banyak orang bertanya tanya, manasih yang terbaik dari 2 produk tersebut untuk menembak wifi. Kadang kala kita sangat kebingungan produk mana yang terbaik yang akan dipakai. Disini saya akan berbagi pengalaman teman saya mengenai penggunaan 2 produk tersebut, manakah yang terbaik.

Teman saya merupakan penggemar penembak wifi, terlahir sebagai anak milenial membuatnya seakan akan internet seperti kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Akhirnya teman saya memutuskan untuk menembak wifi tetangganya dari rumahnya.

Awalmulanya, ia membeli sebuah produk dari TP-Link bernama TL-WN722N, dan sebilah antena 9dbi (TL-ANT2408CL). Ia menembak hotspot tetangganya yang kurang lebih berjarak 1km dari rumahnya. Dengan menggunakan 2 perangkat tersebut, sinyal wifi yang tertangkap lumayan cukup, yaitu 3 bar wifi, namun sering terputus bila terdapat angin yang kencang.

Namun suatu saat, ia mengalami kejengkelan akan hal itu, dan lebih parahnya lagi, TP-Link TL-WN722N itu rusak, dan tidak dapat digunakan lagi, akhirnya ia mempunyai niatan untuk membeli produk tp-link lagi yang lebih tinggi tingkatanya untuk menembak wifi lagi.

Akhirnya ia mencari referensi mengenai hal itu, dan ia menemukan produk tp-link dengan type produk TP-Link TL-WN7200ND, yang mana produk tersebut mempunyai keunggulan berupa dapat menembus tembok, dan mempunyai transmitter power yang tinggi, sehingga ia tergiur dan memutuskan untuk membelinya.

Setelah ia membelinya melalui toko online, dan barang sudah diterima, ia sangat antusias untuk segera mencobanya, akhirnya disuatu sore yang sangat damai, teman saya mencoba produk tersebut dengan mengombinasikan dengan antena 9dbi (TL-ANT2408CL) yang dulu, dan apa hasilnya ? ternyata "Sangat Mengecewakan".

Sinyal yang tadinya muncul 3 bar, kini sinyal hanya muncul 1 bar dan sangat mudah terputus, padahal bila kita baca pada spesifikasinya, TL-WN7200ND mempunyai keunggulan yang lebih dalam hal power daripada TL-WN722N.

Mari kita lihat perbandingan spesifikasinya :



Keterangan TL-WN722N TL-WN7200ND
Harga Rp 97,000 Rp 130,000
Band Wi-Fi Single Single
Frekuensi Wi-Fi 2.4 GHz 2.4 GHz
Kecepatan Wi-Fi 150 Mbps 150 Mbps
Tipe Router Wireless Wireless
Wi-Fi Technology 802.11 b / g / n 802.11 b / g / n
Dimensions 93.5 x 26 x 11 mm 90 x 60 x 24 mm
Antenna Type RP-SMA RP-SMA
Transmit Power <20dBm <20dBm (EIRP, For CE)
<27dBm (EIRP, For FCC)
Button WPS Button QSS Button

Jika kita lihat dari spesifikasi diatas, kedua duanya sekilas nampak tidak ada bedanya, namun untuk produk TL-WN722N, ia sudah mendapatkan Penghargaan dari PC NET dan Highly Recommended. Jadi sudah tidak diragukan lagi kemampuanya untuk menangkap sinyal wifi.

Kembali lagi ke kisah teman saya, setelah ia kecewa, akhirnya ia mencari tahu, sebenarnya produk TL-WN7200ND itu kelebihanya apa dan cocoknya untuk dipakai dimana, akhirnya ia menemukan jawabanya, berikut penjabaranya.

Produk TL-WN7200ND merupakan produk wireless yang penggunaanya sangat cocok pada rumah dengan banyak berbagai halangan, misalnya berupa tembok, keadaan seperti ini banyak kita jumpai pada perumahaan. Namun perangkat ini tidak cocok ditaruh di alam terbuka atau outdoor, sinyal transmiter malah akan terkena angin yang membuat sinyalnya makin kacau, sehingga bar yang dihasilkan akan sedikit dan tidak stabil.

Kesimpulanya, untuk pemasangan wireless outdoor yang paling cocok adalah menggunakan TL-WN722N, karena memang perangkat tersebut digunakan untuk menangkap sinyal wifi dengan baik yang sudah teruji hingga mendapatkan penghargaan.

Jadi buat anda yang mempunyai niatan untuk upgrade perangkat anda ke perangkat yang lebih baik, maka jangan ke TL-WN7200ND, lebih baik langsung saja beli TL-WA5210G, yang sudah banyak dipakai orang untuk menembak dan memancarkan wifi.

Demikian tentang pengalaman teman saya tentang Menggunakan Tp-Link TL-WN722N dan TL-WN7200ND. Tunggu artikel menarik lainya... Semoga bermanfaat...

Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!