Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX

Mokhamad Nur Rokim  

Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX
Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX

Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX - Beberapa hari lalu saya mengalami gejala yang aneh pada emulator nox saya, bilamana saya mau membuka sebuah aplikasi maupun game, maka aplikasi maupun game tersebut akan tertutup dengan tiba tiba dan emulator nox restart sendiri. Gejala ini sering kali disebut dengan force close applications atau penutupan paksa pada perangkat aplikasi.

Setelah itu anda akan berada pada home menu dari nox, dan bila membuka aplikasi lagi, emulator nox akan kembali menutup paksa aplikasi tersebut dan nox restart sendiri dengan muncul logo booting nox.

Lalu saya browsing mencari apa penyebab masalah tersebut, kebanyakan mereka berkata ada masalah dengan pengaturan di settingan nox. Setelah saya atur sesuai dengan panduan, nox tetap saja menutup paksa setiap aplikasi yang dijalankan.

Sebenarnya saya curiga bahwa kerusakan bukan terjadi karena pada settingan, tetapi terjadi karena kesalahan system, karena sebelumnya nox berjalan dengan lancar dan tanpa ada masalah, tapi kenapa kok tiba tiba muncul masalah seperti ini.

Setelah saya utak atik emulator nox.. eee ternyata ini adalah masalah simpel yang kalian semua tentu dapat memperbaikinya dengan mudah bila mengalami permasalahan yang sama dengan saya.

Berikut cara mengatasinya bila emulator nox anda mengalami force close saat menjalankan aplikasi...

Langkah Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX

#1 - Langkah Pertama
Buka aplikasi nox anda tanpa terhubung dengan internet ataupun bila terhubung dengan internet, matikan settingan wifi pada pengaturan di NOX. Sehingga nox benar benar tidak teraliri dengan internet.

#2 - Langkah Kedua
Coba buka salah satu aplikasi pada nox, misalnya whatsapp atau sembarang game. Apakah masih force close ?. Kalau di saya dari sini sudah tidak force close, namun bila tidak ada internet, tentu kita tidak bisa menerima chat dari whatsapp maupun bermain game mobile legend.

#3 - Langkah Ketiga
Masuk pada menu setting di nox, pastikan wifi pada keadaan off, lalu tuju pada bagian akun, pilih akun google, seperti gambar dibawah ini.
Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX

#4 - Langkah Keempat
Setelah itu klik tombol bar yang berada di sebelah kanan atas, lalu pilih hapus akun, tunggu beberapa menit hingga google terhapus sinkronasi dari NOX.
Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX


#5 - Langkah Kelima
Setelah dipastikan google akun sudah tidak terkait dengan nox, selanjutnya adalah coba nyalakan pada pengaturan wifi dan coba buka salah satu apikasi, misal whatsapp atau mobile legend. Dari sini seharusnya nox tidak lagi force close saat aplikasi di jalankan.

NB : Silahkan login dengan google akun anda lagi, karena tidak akan terjadi force close lagi.

Masalah seperti ini belum saya ketahui pasti apa penyebabnya, yang pasti permasalahan ini muncul setelah google app saya terupdate secara otomatis.

Sekian penjelasan saya mengenai Cara Ampuh Mengatasi Force Close Saat Menjalankan Aplikasi di NOX. Semoga bermanfaat.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!