Ciri – Ciri Stadium Awal Terkena Kanker

Mokhamad Nur Rokim  

Ciri – Ciri Stadium Awal Terkena Kanker
Ciri – Ciri Stadium Awal Terkena Kanker – Kanker adalah penyakit yang sempai sekarang  belum ditemukan obat yang clean, adanya cuma obat untuk teraphy, seperti kemo, radiasi, dll. Umumnya orang dengan kanker pasti memiliki ciri kalau dirinya terkena kanker.
Hasil gambar untuk virus kanker
Umumnya, orang yang menderita kanker terlambat menyadari bahwa mereka sudah terserang kanker. Mereka baru mengetahui bahwa ada penyakit ganas dalam tubuh mereka setelah didiagnosa oleh dokter. Sebenarnya untuk mendeteksi kanker sejak dini sangat mudah. Anda bahkan dapat mengetahuinya dengan mudah. Jadi sebelum terlambat, kenali ciri-ciri umum yang menyerang penderita kanker sebagai berikut:

1. Mengi atau nafas tersengal-sengal
Salah satu ciri awal dari penderita kanker atau orang yang berpotensi menderita kanker adalah nafas yang tersengal-sengal seperti terserang asma, padahal mereka tidak menderita asma. Banyak penderita kanker tiroid serta tumor mengalami gejala ini di awal sakit mereka.

2. Kesulitan menelan

Penderita kanker juga mengalami gejala kesulitan menelan pada awal penyakit mereka. Kesulitan menelan ini bisa menjadi tanda bahwa menderita kanker tenggorokan, kanker paru-paru. Selain kesulitan menelan, penderita kanker jenis ini biasanya akan kesulitan berbicara seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan mereka.

3. Sering demam dan mudah terinfeksi
Sering demam bisa juga menjadi tanda kanker darah atau leukemia. Jika seseorang menderita leukemia, awalnya ia akan sering demam karena sel darah putih mulai berkurang. Selain demam, kekebalan tubuh akan berkurang karena sel darah putih tidak mampu berfungsi dengan baik. Maka tak jarang, tubuh akan gampang sakit dalam waktu yang relatif lama.

4. Cepat letih dan lelah

Cepat letih dan lelah juga bisa menjadi tanda awal bahwa Anda terkena kanker. Semua jenis kanker biasanya akan disertai tanda umum ini. Meski letih namun tak jarang penderita juga akan mengalami kesulitan tidur.

5. Berat badan tiba-tiba menurun
Umumnya penderita kanker akan mengalami perubahan drastis pada ukuran tubuh mereka. Secara mendadak berat badan akan turun tanpa diketahui penyebabnya. Hilangnya berat badan secara tiba-tiba ini biasanya dialami para penderita kanker usus, kanker hati, dan kanker yang menyerang organ pencernaan.

6. Warna kuku berubah
Kuku sering menjadi indikator sebuah penyakit termasuk kanker. Jika warna kuku tiba-tiba berubah warna menjadi hitam atau coklat, maka waspadalah karena bisa jadi Anda menderita kanker paru-paru. Warna kuku yang pucat juga bisa menunjukkan gejala kanker hati

7. Cepat kenyang

Penderita kanker organ tubuh di sekitar perut akan mengalami gejala seperti perut terbakar dan cepat kenyang meski hanya makan sedikit makanan atau bahkan saat tidak makan.

8. Sakit perut
Sakit perut mungkin adalah hal yang wajar. Namun jika terjadi terus menerus selama waktu tertentu, Anda patut waspada karena kemungkinan ada kanker yang menyerang organ tubuh bagian perut seperti, hati dan usus.

9. Masalah pencernaan
Jika Anda menderita sulit buang air besar, diare, dan masalah perut lainnya secara berlebihan, Anda juga harus waspada. Tanda-tanda ini akan menyertai penderita kanker di organ tubuh bagian dalam seperti usus halus, usus besar, dan liver.

Kesembilan ciri umum di atas akan muncul di stadium awal penderita kanker. Oleh karena itu, periksakanlah diri Anda ke dokter sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan ingatlah bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karenaya, biasakanlah hidup sehat, agar penyakit menjauhi diri kita.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!