Kandungan, Manfaat, Dan Pengolahan Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Mokhamad Nur Rokim  

Kandungan, Manfaat, Dan Pengolahan Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh
Kandungan, Manfaat, Dan Pengolahan Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh - Daun sirsak akhir akhir ini sangat digandrungi para pencari segudang manfaat, mengapa ?, karena sirsak ini terkenal sekali dengan banyaknya manfaat yang dikandungnya, selain buahnya, daun sirsak juga banyak sekali mengandung sejuta manfaat.
Hasil gambar
Mungkin masih banyak masyarakat kita belum yang mengetahui mengenai hal tersebut. Karena itulah, disini saya akan berbagi kepada anda semua mengenai manfaat daun sirsak agar anda lebih memahaminya.

Kandungan Gizi Daun Sirsak :

 Iactones
  •     Annohexocina
  •     Annomuricina A, B, C dan E
  •     Annomutacina
  •     Annopentocinas A, B dan C
  •     Muricoreacina
  •     Gigantetronemina
  •     Murihexocina A dan C
  •     Javoricina
Isoquinoline
  •     Anonaine
  •     Anoniine
  •     Atherospermine
  •     Coreximine
Lipid
  •     Asam Gentisic
  •     Asam Lignoceric
  •     CLA
  •     asam stearat
Berikut ini kandungan, manfaat, dan pengolahan daun sirsak yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit dan ganguan kesehatan lainnya.
  1. Mengobati Diabetes
    Daun yang juga mengandung Lipid tersebut ternyata mampu menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga mendekati normal, yakni 70-120 mg. Jadi bagi pengidap penyakit diabetes bisa mencoba mengonsumsi rutin daun sirsak. Biasanya daun sirsak sudah diolah dan diekstrak menjadi obat herbal, namun bila Anda ingin mengolahnya sendiri maka caranya cukup mudah. Simak yang berikut:
    1. Rebus air sebanyak kurang lebih 3 gelas.
    2. Setelah air menjadi hangat masukkan 5 helai daun sirsak yang sudah dicuci bersih.
    3. Tunggu hingga air rebusan tadi menyusut menjadi 1 gelas saja.
    4. Saring dan konsumsilah airnya secara rutin tiap hari pagi dan sore.

  2. Mengobati Asam Urat
    Suka makan tempe namun takut asam urat kambuh? Imbangi dengan mengonsumsi daun sirsak Cara mengolahnya pun mudah: 
    1. Rebus 5 lembar daun sirsak 
    2. Tunggu hingga mendidih sampai air berkurang kira-kira menjadi 1 gelas. 
    3. Dinginkan dan minumlah sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

  3. Mengobati sakit punggung
    Sakit punggung sering kita alami terutama saat berolahraga dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.
    Cara Penggunaan:
    Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak di 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah sakit punggung anda.
  4. Mengobati Bisul
    Daun sirsak ternyata juga dapat membantu mengobati bisul.
    Penggunaan :
    Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, haluskan, dantempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.
  5. Mengobati Kanker
    Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.Cara Penggunaan :
    Untuk pengobatan, merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi hanya satu gelas, saring dan dinginkan lalu minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk melihat efek perbaikan kondisi anda. Daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah salah satu obat yang paling ampuh sampai saat ini.
  6. Mengobati Wasir
    Penderita wasir harus menghindari makanan pedas dan asam, karena kedua jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya wasir. Namun, selain itu, pengobatan dari dalam perlu juga. Salah satu obat tradisional untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari.
  7. Mengobati Rematik
    Penyakit rematik biasanya dialami pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan herbal alami untuk nyeri artritis. Penggunaan
    Untuk tujuan masalah eksim dan rematik ini penggunaannya sedikit berbeda, haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim serta rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun sudah agak kering.

  8. Mengobati Eksim
    Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.
    Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.
  9. Menurunkan Kolesterol
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi jika saat penggorengan berlangsung, minyak goreng digunakan berkali-kali hingga warnanya menghitam. Disitulah kolesterol jahat yang kemudian akan masuk ke tubuh untuk menebar penyakit berbahaya.
  10. Mengatasi Jerawat
    khasiat dari daun buah sirsak ini adalah sebagai pencegah timbulnya jerawat. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menghaluskan daun sirsak dengan menggunakan tumbuk. Setelah halus, tambahkan air dan letakkan diwajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu hingga kandungan meresap kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini banyak digunakan oleh orang zaman dahulu dalam menjaga kecantikannya.
  11.  Sebagai Agen Anti Rontok
    Cara penggunaanya adalah dengan merebus daun sirsak secukupnya kemudian dinginkan dan setelah itu gunakan air rebusan untuk membasuh seluruh bagian rambut.
  12. Sebagai Penangkal Kutu
    Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan kutu sehingga kutu sulit untuk bertahan hidup. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalamnya juga mampu menghilangkan ketombe sehingga rambut tetap bersih bebas kutu sekaligus ketombe.
  13. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Hipertensi merupakan keadaan yang berbahaya karena dapat mengundang kondisi dan penyakit lainnya yang lebih berbahaya, misalnya stroke. Untuk menurunkan tekanan darah, anda bisa meminum air rebusan daun sirsak.

  14. Obat Asma
    Siapkan 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut-semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.
  15. Obat Batuk Ringan
    Untuk obat batuk ringan, siapkan 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum manyantap apapun.

  16. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
  17. Mencegah Perkembangan Tumor
    Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang. Mereka juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit.

    Itulah
    beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Sebelum mengobati penyakit dengan ramuan tradisional diatas ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu pada ahlinya.
Mokhamad Nur Rokim
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari BLOG KANG KIMIN lewat email. GRATIS!